MEDIA FLASH CARD

Hasil gambar untuk flash card

Cecep Kustandi

Flash Card merupakan media pembelajaran dalam bentuk kartu bergambar yang ukurannya seukuran postcard atau sekitar 20 x 20 cm. gambar yang ditampilkan dalam kartu tersebut adalah gambar tangan atau foto, atau gambar/foto yang sudah ada dan ditempelkan pada lembar kartu-kartu tersebut. Gambar yang ada pada media ini merupakan rangkaian pesan yang disajikan dengan keterangan pada bagian belakangnya dan media ini hanya cocok untuk kelompok kecil yang tidak lebih dari 25 orang.[1] Dalam proses kegiatan belajar mengajar penggunaan flash card dapat mempermudah pemahaman siswa dalam memahami kata yang diperdengarkan dalam memaknai gambar yang tertera pada kartu.

Adapun beberapa kelebihan flash card, cara pembuatan hingga cara penggunaannya seperti yang dijelaskan dibawah ini; [2]

  1. a) Kelebihan Flash Card
  • Mudah di bawa kemana-mana.
  • Praktis dalam membuat dan menggunakannya, sehingga kapanpun anak didik bias belajar dengan baik menggunakan media ini.
  • Gampang diingat karena kartu ini bergambar yang sangat menarik perhatian, berisi huruf atau angka yang sederhana dan menarik, sehingga dapat merangsang otak untuk lebih lama mengingat pesan yang ada pada kartu tersebut.
  • Media ini juga menyenangkan digunakan sebagai media pembelajaran, bahkan bisa digunakan dalam bentuk permainan.

 

  1. b) Cara Pembuatan
  • Siapkan kertas yang agak tebal seperti kertas duplek atau dari bahan kardus. Kertas ini berfungsi untuk menyimpan atau menempelkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
  • Kertas tersebut diberi tanda dengan pensil atau spidol dan menggunakan penggaris, untuk menentukan ukuran 20×20 cm
  • Potong-potonglah kertas duplek tersebut dengan gunting atau kater hingga tepat berukuran 20×20 cm. Buatlah kartu-kartu tersebut sejumlah gambar yang akan ditempelkan atau sejumlah materi yang dibutuhkan.
  • Jika objek gambar langsung dibuat dengan tangan, maka kertas alas tadi perlu dilapisi dengan kertas halus untuk menggambar, misalnya kertas HVS, kertas concort atau kertas karton.
  • Mulailah menggambar dengan menggunakan alat gambar seperti kuas, cat air, spidol, pinsil warna, atau membuat desain dengan ukuran yang sesuai lalu setelah selesai ditempelkan pada alas tersebut. Jika gambar yang akan ditempel memanfaatkan yang sudah ada, misalnya gambar-gambar yang di jual maka selanjutnya gambar-gambar tersebut tinggal di potong sesuai dengan ukuran, lalu ditempelkan menggunakan perekat atau lem kertas.
  • Pada bagian akhir adalah tulisan pada bagian belakang kartu-kartu tersebut sesuai dengan nama objek pada halaman muka. Nama-nama ini biasa dengan menggunakan beberapa bahasa misalnya Indonesia dan Inggris.

 

  1. c) Cara Menggunakan
  • Kartu-kartu yang sudah disusun di pegang setinggi dada dan menghadap ke depan siswa.
  • Cabutlah satu persatu kartu tersebut saat menerangkan
  • Berikan kartu-kartu yang telah diterangkan tersebut kepada siswa yang duduk di dekat guru. Mintalah siswa untuk mengamati kartu tersebut satu persatu, lalu teruskan kepada siswa yang lain sampai semua siswa kebagian.
  • Jika sajian dengan cara permainan, letakan kartu-kartu tersebut di dalam sebuah kotak secara acak dan tidak perlu disusun, siapkan siswa yang akan berlomba misalnya tiga orang berdiri sejajar, kemudian guru memberikan perintah, misalnya cari gambar ayam, maka siswa berlari menghampiri kotak tersebut untuk mengambil kartu yang bergambar ayam yang belakangnya bertuliskan ayam.

[1] Dina Indriana, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran (Jogjakarta, Diva Press), h 68

[2]http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Tejo%20Nurseto,%20M.Pd./Media%20Pembelajaran%20tejo%20nurseto.pdf (diunduh pada 4/2/2013)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s