Anotasi Buku The Faster Learning Organization Gain and sustain the Competitive Edge

The Faster Learning Organization

Cecep Kustandi

      Judul Buku                      : The Faster Learning Organization, Gain and sustain the Competitive Edge

Pengarang                       : Bob Guns dan Kristin Anundsen

Tahun Terbit                  : 1996

Penerbit                          : Pfeiffer & Company

Tempat Terbit                : San Diego, Amerika Serikat

Jumlah Halaman          : 129 Halaman

Tujuan Penulisan Buku:

Buku ini ditulis untuk mempertahankan manfaat kompetitif dari sebuah organisasi, agar organisasi tersebut mampu belajar lebih cepat dari kompetisi yang ada.

Pokok Bahasan:

Buku ini terdiri dari 8 bab dengan bagian-bagian sebagai berikut :

Bagian Kesatu:

Membahas tentang Kekuatan dari belajar yang lebih cepat. Dalam bab ini dibahas mengenai belajar versus kinerja, makna dari belajar yang lebih cepat, karakter dari dari sebuah organisasi yang belajar lebih cepat, dan model dari organisasi yang belajar lebih cepat. Intinya, di sini dijelaskan bahwa satu-satunya cara untuk mencapai dan mempertahankan ujung kompetitif adalah dengan memastikan bahwa organisasi anda belajar lebih cepat dari kompetisi yang ada.

Bagian Kedua:

Membahas tentang bagaimana organisasi belajar. Dalam bab ini dibahas arti dari pembelajaran keorganisasian, serta hal yang berbeda dari pembelajaran organisasi yang lebih cepat. Intinya, di sini dijelaskan bahwa jika sebuah organisasi memilih untuk berfokus pada belajar yang lebih cepat, maka organisasi itu harus mengembangkan sebuah bahasa yang jelas tentang belajar, dengan begitu maka prinsip-prinsip yang relevan dapat diaplikasikan.

Bagian Ketiga:

Membahas tentang meluncurkan FLO (organisasi yang belajar lebih cepat). Dalam bagian ini dibahas tentang keterbukaan dalam belajar, tantangan perubahan, dan cara menstimulasi kepemimpinan. Intinya, di sini dijelaskan bahwa sebelum kita mempercepat pembelajaran organisasi, kondisi-kondisi ini harus dipenuhi: a. pemimpin dan pengikut harus terbuka untuk belajar, b. pemimpin harus mendorong dirinya dan orang lain untuk mentoleransi sisi kekacauan, c. pemimpin-pemimpin harus menstimulasi kepemimpinan.

Bagian Keempat:

Membahas tentang menciptakan strategi-strategi agar organisasi bisa belajar lebih cepat. Di sini dibahas strategi hentakan, strategi pengolahan, dan strategi perubahan. Intinya, dijelaskan bahwa sebuah organisasi yang belajar lebih cepat mekanisme nya ditentukan oleh ketiga strategi tersebut di atas.

Bagian Kelima:

Membahas tentang transformasi organisasi. Dalam bagian ini dibahas mengenai cara tim bekerja, cara tim belajar, bagaimana tim diberi motivasi, perjalanan perubahan, belajar pada saat transformasi, pertumbuhan bisnis dan karir. Intinya, di sini dijelaskan bahwa strategi perubahan menetapkan tim kewirausahaan. Di sini, budaya kerja organisasi didorong ke arah kewirausahaan.

Bagian Keenam:

membahas tentang cara menerapkan taktik belajar, membuat belajar lebih bermakna, dan menciptakan keadaan-keadaan unik. Intinya, di sini dijelaskan bahwa taktik belajar lebih cepat diibaratkan dengan rumput yang ada padang rumput. Belajar dapat diarahkan supaya lebih jelas, sederhana, lebih efisien dan efektif. Selain itu, dijelaskan pula bahwa pencapaian belajar harus didapatkan, dijaga, dan ditransferkan.

Bagian Ketujuh:

Membahas tentang kemampuan-kemampuan eksekutif, kemampuan pemimpin, kemampuan anggota tim, dan kemampuan individu peserta didik. Intinya, dalam bab ini dijelaskan bahwa perkembangan kemampuan organisasi yang lebih cepat belajar adalah sebuah keharusan. Bekerja dalam wilayah kemampuan ini adalah kombinasi dari menyaring kemampuan-kemampuan dasar dan bergerak menuju serangkaian kemampuan baru diwaktu yang bersamaan.

Bagian Kedelapan:

Membahas tentang cara untuk mempertahankan kondisi organisasi yang sudah cepat belajar. Di sini dibahas juga tentang tips-tips untuk mempertahankan kesuksesan.Intinya, harus dikembangkan serangkaian cara untuk mempertahankan kesuksesan organisasi.

 

Kekhasan dari buku ini:

Buku ini menjelaskan cara agar sebuah organisasi dapat belajar lebih cepat dan disertai dengan ilustrasi yang menyegarkan.

 

Rekomendasi:

Buku ini direkomendasikan untuk dibaca oleh eksekutif dan manajer-manajer senior, mereka adalah orang yang akan menetapkan tahapan dan mengawali organisasi yang memiliki kemampuan untuk belajar lebih cepat.

Cecep Kustandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s