Anotasi Buku Leading Organizational Learning (Harnessing the Power of Knowledge)

Leading Organizational Learning (Harnessing the Power of Knowledge)

Cecep Kustandi

Judul Buku                                 : Leading Organizational Learning (Harnessing the Power of Knowledge)

Pengarang                                   : Marshall Goldsmith, Howard Morgan, Alexander J. Ogg

Tahun Terbit                              : 2004

Penerbit                                      : John Wiley and Sons, Inc.

Tempat Terbit                            : California, Amerika Serikat

Jumlah Halaman                      : 360 Halaman


 

Tujuan ditulisnya buku:

Buku ini ditulis untuk menginformasikan tentang pentingnya manfaat kompetitif. Bahwa pengetahuan bukanlah satu-satunya keunggulan kompetitif unik yang dimiliki oleh perusahaan. Buku ini diharapkan dapat membantu banyak orang untuk lebih memahami pengetahuan dengan demikian para pemimpin bisa menciptakan jalur baru untuk pengetahuan dan menerapkan pengetahuan tersebut secara efektif.

 

Pokok Bahasan:

Buku ini terdiri dari lima bagian utama, masing-masing adalah sebagai berikut:

 

Bagian Kesatu:

Membahas tentang tantangan dan berbagai dilema. Di bagian ini dibahas tentang hal-hal khusus yang tidak lagi digunakan, lima dilema dari manajemen pengetahuan, secara efektif memberi pengaruh agar pengetahuan kita memberi  perbedaan, menghindari kekeliruan dalam mengelola pengetahuan, dan tidak dilibatkannya pengetahuan dalam manajemen pengetahuan. Intinya, di sini dijelaskan hal-hal umum yang berkenaan dengan manajemen pengetahuan, yang sebelumnya berlaku, belum tentu valid sepanjang waktu.

 

Bagian Kedua:

Membahas tentang proses-proses yang bekerja. Di bagian ini dibahas tentang kerja nyata dari manajemen pengetahuan, kesemerautan dalam belajar, strategi unggul, pembelajaran informal dengan mengembangkan nilai, tentang perusahaan sebagai tempat menjamurnya ide-ide, tentang pemetaan pengetahuan, dan tentang panduan yang tepat sasaran. Intinya, di sini diidentifikasi hal-hal yang menjadi penghambat dari pembelajaran organisasi, dikembangkannya peta pengetahuan berdasarkan isu-isu yang beredar di lingkungan perusahaan.

 

Bagian Ketiga:

Membahas tentang pemimpin-pemimpin yang membuat perbedaan. Di bagian ini dibahas mengenai hal-hal yang diketahui dan yang tidak diketahui pimpinan eksekutif, memikirkan kembali cara berpikir kita tentang kepemimpinan, tentang cara CEO dalam menetapkan pengetahuan organisasi, dan hal-hal kecil yang membangun kepemimpinan besar di dalam organisasi. Intinya, di bagian ini dijelaskan tentang hal-hal yang harus dipelajari oleh pimpinan eksekutif, serta bagaimana meningkatkan kemampuannya untuk mendalami permasalahan dalam lingkup organisasi untuk membangun kepemimpinan dalam organisasi.

 

Bagian Keempat:

Membahas tentang perubahan-perubahan untuk masa depan. Di bagian ini dikemukakan pula hal-hal mengenai pengembangan ide-ide baru untuk klien dalam rangka membuat mereka merasa yakin untuk bertindak, cara untuk menggerakkan pengetahuan, tentang peran manajemen perubahan dalam manajemen pengetahuan, serta membangun koneksi-koneksi sosial untuk memperoleh manfaat pengetahuan. Intinya, dalam bab ini dijelaskan bahwa perubahan-perubahan untuk masa depan dari sebuah organisasi dilihat dari sudut pandang pengembangan ide baru, koneksi sosial, dan cara untuk menggerakkan pengetahuan.

 

Bagian Kelima:

Membahas tentang studi kasus dan contoh-contoh. Di bagian ini dijelaskan tentang contoh-contoh kunci dari manajemen pengetahuan, tentang kepemimpinan dan akses terhadap ide-ide, menangkap ide-ide, menciptakan informasi dan membebaskan pengetahuan, dan tentang mengembangkan sebuah kultur belajar. Intinya, dijelaskan contoh-contoh studi yang ada, hal-hal mengenai manajemen kepemimpinan, ide-ide, dan kecepatan pembelajaran akan berimbas pada berkembangnya kultur baru di dalam perusahaan.

 

Kekhasan dari buku ini:

Buku ini menggunakan bahasa yang luwes dan tidak kaku, disertai dengan analogi bahwa perusahaan diibaratkan sebagai sebuah pasar.

 

Rekomendasi:

Buku ini direkomendasikan untuk dibaca oleh pimpinan perusahaan, pimpinan lembaga pendidikan, dan pelajar. Karena dalam setiap bab di buku ini memberikan inspirasi baru tentang pembelajaran organisasi terkemuka yang akan menghasilkan efektivas dan efisiensi organisasi.

Cecep Kustandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s