Anotasi Buku Education Leadership And Learning

Education Leadership And Learning

Cecep Kustandi

Judul Buku                     : Education Leadership And Learning

Pengarang                       : Sue Law and Derek Glover

Tahun Terbit                  : 2000

Penerbit                          : Open University Press

Tempat Terbit                : Philadelphia, Amerika Serikat

Jumlah Halaman          : 305

 


Tujuan Penulisan Buku :

Buku ini ditulis untuk memperluas wacana pembelajaran professional, pengalaman pribadi, serta praktik-praktik yang berhubungan dengan jabatan. Dalam buku ini disampaikan bahwa dengan komitmen professional, kita dapat mengeksplorasi isu-isu yang berkaitan dengan kepemimpinan dan manajemen.

 

Pokok Bahasan:

Bagian Kesatu:

Membahas tentang memimpin dan dan mengelola. Dalam bab ini dijelaskan tentang konteks kepemimpinan pendidikan, didalamnya dibahas isu gender, strategi dan gaya kepemimpinan. Cara-cara mengembangkan kepemimpinan dan efektivitas manajemen yang mengulas apa saja yang harus dilakukan pemimpin, esensi guru sebagai pemimpin dan manajer di dalam kelas. Juga cara untuk menangani diri kita sendiri dan mengelola orang lain, disini diulas cara untuk membuat kebijakan/mengambil keputusan, mengelola waktu dan menghilangkan stress dalam bekerja. Selain itu juga dijelaskan tentang teori motivasi serta bagaimana mengembangkan strategi motivasi dan implikasi-implikasinya untuk seorang manajer pendidikan.

Bagian Kedua:

Membahas tentang merubah dan belajar. Dalam bagian ini dijelaskan tentang kerumitan dan mekanisme komunikasi, komunikasi di dalam kelompok, hal-hal yang mengganggu proses komunikasi yang baik, negosiasi dan resolusi atas sebuah konflik. Selain itu juga dibahas tentang budaya keorganisasian dengan inti pembahasan meliputi model-model keorganisasian, visi, misi dan budaya, juga upaya konsultasi dan proses kerjasama. Juga dibahas tentang cara untuk mengelola perubahan dalam upaya untuk menciptakan kesempatan-kesempatan dengan berlandaskan pada realitas-realitas perubahan, pilihan untuk berubah serta budaya perusahaan dalam menyikapi perubahan. Selanjutnya, pada bagian ini juga dikemukakan bahwa perbaikan kependidikan merupakan sebuah hal yang penting yaitu demi efektivitas sekolah, perbaikan sekolah, dan sebagai ukuran kinerja sekolah. Pada akhirnya, dijelaskan cara memimpin dan mengelola organisasi pembelajaran dengan bertolak belakang pada cara berpikir kreatif, cara belajar, proses-proses belajar, serta dari sisi penetapan kebijakan di bidang kurikulum dengan mengevaluasi kegiatan belajar mengajar.

 

Bagian Ketiga:

Membahas tentang tugas dan berbagai tanggung jawab. Dalam bagian ini dijelaskan tentang cara untuk mengelola bawahan dan meningkatkan kinerja mereka yang dilakukan melalui mekanisme perekrutan dan pemilihan, mentoring serta penjaminan kualitas. Selain itu, juga dibahas mengenai cara untuk mengelola beragam sumber daya organisasi dan keuangannya. Di sini dibahas berbagai isu yang berkaitan dengan penetapan kebijakan organisasi dalam hal keuangan, pembiayaan dan nilai uang. Di sini dikaji pula secara mendalam tentang proses-proses penganggaran, fungsi penganggaran, pengawasan keuangan dan evaluasinya. Demi keberlangsunguan organisasi, dalam bagian inipun dikemukakan pentingnya membina dan menjaga hubungan baik/kemitraan dengan stakeholder, tanggung jawab dan peran badan pemerintah, serta peranan stakeholder di masyarakat yang lebih luas. Di bagian terakhir dari bagian ini diperbincangkan konteks kepemimpinan dan manajemen untuk perkembangan professional dengan mengacu pada kerangka kebijakan, cara mengelola perkembangan professional berbasis sekolah, skill, kompetensi dan isu-isu mengenai evaluasi di mana segala hal ini memiliki tujuan akhir yaitu demi budaya dari perkembangan professional.

 

Kekhasan dari buku ini:

Buku ini memaparkan tentang konteks kepemimpinan baik dalam bidang pendidikan secara khusus maupun dalam skala keorganisasian. Salah satu keunikan dari buku ini adalah dalam hal refleksi peran otoritas kepemimpinan sebagai penentu kebijakan organisasi di mana penjelasannya sangat mudah dimengerti terutama dalam hal evaluasi sebuah kebijakan sebagai ukuran keefektivan kinerja organisasi.

 

Rekomendasi:

Buku ini sangat baik untuk dibaca oleh semua kalangan untuk mengambil sebuah pendekatan aktif dan kreatif untuk perkembangan personal dan professional mereka. Secara khusus buku ini sangat baik untuk dibaca oleh guru-guru, pemerintah, dan mereka yang berkutat dalam dunia pendidikan karena inti dari buku ini adalah mengenai cara untuk menjaga kesinambungan organisasi, dan memperbaiki kemampuan professional individu.

Cecep Kustandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s