Education for 1,3 Billion

Anotasi Buku Education for 1.3 Billion

Education for 1,3 Billion

Cecep Kustandi

Judul Buku                     : Education for 1.3 Billion

Pengarang                       : Li Lanqing

Tahun Terbit                  : 2005

Penerbit                          : Pearson Education

Tempat Terbit                : Beijing

Jumlah Halaman          : 483 Halaman

Tujuan ditulisnya Buku:

Buku ini ditulis sebagai  hasil wawancara Li Lanqing, Mantan Wakil Perdana Menteri Republik Rakyat Cina periode 1993-2003. Dalam jabatan tersebut, Li bertanggung jawab untuk menjalankan reformasi pendidikan di RRC/RRT.

 

Bab Pertama:

Membahas tentang permasalahan pendidikan secara nasional dan berbagai isu penting yang terkait dengannya, diantaranya masalah kesejahteraan guru dan pendanaan dalam pendidikan. Reformasi dalam bidang pendidikan juga merupakan isu yang dibicarakan dalam bab ini.

 

Bab Kedua:

Memaparkan tentang perlunya menyusun sebuah pemikiran untuk menjadikan pendidikan sebagai masalah utama yang perlu mendapat prioritas. Diskusi pembicaraan mengenai hal ini mengarah pada usaha untuk menjadikan guru sebagai lembaga profesional yang dilindungi oleh undang-undang. Gagasan baru yang dikemukakan pada bab ini adalah perlunya membentuk persatuan guru dan membahas undang-undang yang dapat melindungi komunitas guru.

 

Bab Ketiga:

Membahas tentang tanggung jawab pemerintah dalam masalah pendidikan. Hal menarik yang dikemukakan pada bab ini adalah pembahasan tentang komersialisasi pendidikan merupakan permasalahan serius yang menghambat terjadinya pendidikan yang berkualitas. Untuk memberikan gambaran yang lebih komprehensif, bab ini juga memberikan gambaran pendidikan yang diselenggarakan di beberapa negara tetangga, seperti Hongkong, Macao, dan Taiwan.

 

Bab Keempat:

Membahas tentang pengelolaan sistem pendidikan di Perguruan Tinggi. Bab ini secara terperinci membahas bagaimana seharusnya mengelola pendidikan tinggi menjadi sebuah aset yang dapat menghasilkan kaum intelektual bermutu.

Bab Kelima dan Bab Keenam:

Menguraikan  tentang perkembangan pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai pada tingkat tinggi. Point penting yang diberikan penekanan pada bab ini adalah masalah kualitas pendidikan. Peningkatan pendidikan bukan hanya pada banyaknya anak-anak yang dapat belajar dalam satu sekolah, namun juga masalah kualitas yang dapat dicapai untuk peningkatan pendidikan itu sendiri.

 

Bab Ketujuh:

Membicarakan tentang pendidikan yang terkait dengan orang dewasa dan pendidikan kejuruan.  Gagasan yang baru dalam bab ini adalah pembicaraan tentang perlunya memberikan penekanan pada sekolah kejuruan untuk lebih berorientasi pada orientasi kerja. Bab ini juga membicarakan tentang pendidikan berkelanjutan dan pendidikan berbasis masyarakat (school based society).

Bab Kedelapan:

Membicarakan berbagai ulasan yang dikemukakan oleh editor, sebagai apresiasi terhadap berbagai pemikiran yang disajikan dalam beberapa sesi interview bersama penulis.

 

Kekhasan dari buku ini:

Isi buku ini merupakan refleksi terhadap apa yang telah ia lakukan selama masa jabatannya itu untuk memajukan pendidikan di Cina. Buku yang sarat dengan konsep dan pemikiran seorang anggota Dewan Nasional ini membicarakan tentang pentingnya pendidikan dan penerapan konsep pendidikan di China.

Rekomendasi:

Buku ini memberikan banyak pengetahuan bagaimana studi kasus dan pengalaman menjalankan reformasi pendidikan di RRC yang menjadikan negara ini menjadi negara maju, sehingga bisa menjadi bahan pengetahuan pengayaan mengenai reformasi pendidikan .

Cecep Kustandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s