Anotasi Buku Building The Learning Organization

Building The Learning Organization

Cecep Kustandi

Judul Buku               : Building The Learning Organization

Pengarang                       : Michael J. Marquardt

Tahun Terbit                  : 2002

Penerbit                          : Davies Black Publishing

Tempat Terbit                : California, Amerika Serikat

Jumlah Halaman          : 266 Halaman

Tujuan Penulisan Buku:

Buku ini ditulis untuk memberikan insight mengenai perlunya pembelajaran baru, dan alasan yang melandasi pentingnya sebuah organisasi menjadi sebuah organisasi belajar. Di sini diulas pentingnya menggunakan pendekatan-pendekatan komprehensif terhadap organisasi yang belajar.

 

Pokok Bahasan:

Buku ini terdiri dari 8 bagian dengan bagian-bagian sebagai berikut:

 

Bagian Kesatu :

Membahas tentang munculnya kebutuhan akan organisasi yang mampu belajar. Dalam bab ini dijelaskan bahwa terdapat beberapa kekuatan yang memunculkan diperlukannya organisasi yang bisa belajar yaitu input teknologi, tranformasi radikal dari dunia kerja, struktur yang didasarkan pada inti kompetensi, meningkatnya pengaruh kostumer, munculnya pengetahuan dan pembelajaran sebagai asset utama organisasi, cara merubah peran dan expektasi pekerja. Intinya, di sini dijelaskan kekuatan-kekuatan yang memungkinkan organisasi untuk belajar harus disinergikan secara sistematis sehingga mampu mencapai cakrawala baru dalam kehidupan organisasi, yaitu, organisasi yang selalu belajar.

Bagian Kedua :

Membahas tentang model-model sistem organisasi yang belajar. Di sini dijelaskan subsistem pembelajaran, tipe-tipe belajar, ragam skill untuk pembelajaran organisasi, sub sistem organisasi, sub sistem orang-orang, sub sistem pengetahuan, subsistem teknologi, dan karakteristik dari sistem organisasi yang belajar. Intinya, di sini dijelaskan bahwa organisasi harus menggabungkan semua sub sistem di dalam organisasi, tujuannya adalah untuk meningkatkan komitmen dan kreativitas pekerja, dan menstimulasi perbaikan berkelanjutan dalam semua wilayah organisasi.

Bagian Ketiga:

Membahas tentang cara membangun dinamika belajar. Bab ini membahas belajar dalam setting keorganisasian, prinsip-prinsip belajar, pembelajaran individu, rencana pengembangan personal, pembelajaran tim atau kelompok, tipe-tipe belajar, komitmen untuk belajar, skill dalam belajar, kapasitas belajar organisasi, dan belajar kolaboratif. Intinya, di sini dijelaskan cara organisasi untuk menciptakan dinamika belajar melalui pembelajaran tim atau kelompok.

 

Bagian Keempat:

Membahas tentang merubah organisasi demi keunggulan belajar. Dalam bab ini dibahas mengenai penggunaan konferensi di masa depan untuk mengembangkan visi, perlunya mendapatkan dukungan dari manajemen puncak, menyesuaikan kebijakan dan struktur di seputar belajar, menghargai pembelajaran individu dan tim, menggabungkan belajar dalam semua kebijakan dan prosedur-prosedur, mengukur wialayah keuangan dan non keuangan sebagai sebuah aktivitas belajar, menjadikan belajar sebagai focus di semua event. Intinya, di sini dijelaskan bahwa sebagai hasil dari perubahan dramatis yang diambil untuk mengembangkan visi, kultur, strategi, dan struktur, perusahaan merubah orientasinya yang berjangka pendek, berfokus pada manajemen dan kaku, untuk menjadi organisasi belajar yang dinamis.

 

Bagian Kelima:

Membahas tentang konsep manajer dan pemimpin, peran-peran baru dalam kepemipinan, skill-skill yang diperlukan dalam kepemimpinan baru, juga dibahas tentang pekerja, tentang pelanggan, kerjasama bisnis, tentang suplayer dan vendor-vendor. Intinya, dalam bab ini dikemukakan cara untuk lebih mendayagunakan orang-orang melalui pembelajaran, selain itu ditekankan pentingnya tim kerja yang solid serta upaya untuk mendorong dan menjaga partisipasi pelanggan. Semua upaya tadi direalisasikan untuk meningkat kinerja perusahaan.

Bagian Keenam:

Membahas tentang manajemen pengetahuan dalam organisasi yang belajar. Dalam bab ini dibahas tentang hierarki pengetahuan, tipe-tipe pengetahuan, sebuah model system untuk mengelola pengetahuan, akuisisi pengetahuan, tentang penciptaan pengetahuan, aktivitas menciptakan pengetahuan, transfer dan diseminasi pengetahuan, juga tentang gangguan-gangguan dalam transfer pengetahuan. Intinya, dalam bab ini dijelaskan segala sesuatu tentang pengetahuan dalam kaitannya dengan manajemen di sebuah organisasi, bagaimana pengetahuan itu dikembangkan dan dipertahankan.

 

Bagian Ketujuh:

Membahas tentang teknologi untuk membangun organisasi yang belajar. Dalam bab ini dibahas tentang teknologi untuk mengelola pengetahuan, teknologi dan aliran pengetahuan, efek keorganisasian dari teknologi, dukungan teknologi untuk manajemen pengetahuan, tentang pembelajaran berbasis teknologi, tipe-tipe teknologi belajar, mengenai manfaat-manfaat dari teknologi pembelajaran, dan penggunaan e-learning. Intinya, di sini dibicarakan penggunaan teknologi sebagai support system dari pembelajaran organisasi. Juga komunikasi melalui program e-learning.

Bagian Kedelapan:

Membahas tentang menjadi organisasi yang belajar. Dalam bab ini dibahas tentang komitmen untuk menjadi organisasi yang belajar, membentuk sebuah koalisi yang kuat untuk perubahan, menghubungkan belajar dengan operasional bisnis, cara mengakses kemampuan-kemampuan perusahaan, dibahas juga tentang pentingnya mengkomunikasikan visi, dan mengenali pentingnya sistem pemikiran dan tindakan. Intinya, di sini dijelaskan bahwa untuk menjadi organsasi yang mampu belajar, diperlukan komitmen yang tinggi dari seluruh bagian organisasi untuk berubah, perubahan disini mencakup perubahan pola berpikir yang direalisasikan dalam tindakan konkrit.

 

Kekhasan dari buku Ini:

Setiap konsep yang tampaknya sedikit abstrak dalam buku ini diperjelas melalui penggambaran nyata dalam kondisi perusahaan-perusahaan besar yang menerapkan program belajar di organisasinya.

 

Rekomendasi:

Buku ini direkomendasikan untuk dibaca oleh CEO perusahaan, pimpinan organisasi, dan golongan pekerja. Bahwa peran pekerja pun diperlukan untuk menciptakan stabilitas perusahaan/organisasi yang dinamis.

Cecep Kustandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s