Anotasi Buku A New Paradigm of Leadership

A New Paradigm of Leadership

Cecep Kustandi

Judul Buku                     : A New Paradigm of Leadership : Visions of Excellence for 21st Century Organization

Pengarang                       : Ken Shelton

Tahun Terbit                  : 1997

Penerbit                          : Executive Excellence Publishing

Tempat Terbit                : South Provo, Utah

Jumlah Halaman          : 261 Halaman

Tujuan ditulisnya buku:

Buku ini merupakan kumpulan tulisan tentang pemikiran terbaik dalam kepemimpinan yang terdiri dari 4 (empat) bagian. Memberikan inspirasi komprehensif dalam memaparkan sebuah paradigma baru dalam kepemimpinan.

 

Pokok Bahasan:

Buku ini terdiri dari empat bagian pokok dengan bagian-bagian sebagai berikut:

Bagian Kesatu:

Membahas tentang kepemimpinan dan perubahan saat memasuki abad 21 yang memiliki dampak pada berbagai bidang. Disampaikan pula ide tentang format kepemimpinan terbaik. Untuk menjadi pemimpin terbaik pada abad ini, ada lima hal yang harus menjadi perhatian, yaitu 1) set vision and mission, 2) think, 3) keep promises and tell the truth, 4) be mutually accountable, dan 5) expect financial health and solvency from each other.

Bagian Kedua:

Mengenai kunci keberhasilan sebuah kepemimpinan, yaitu kualitas. Bagian ini menggambarkan situasi kepemimpinan dengan berbagai keadaan yang dapat menjadikan sosok pemimpin menjadi teruji dalam berbagai keadaan. Dibahas juga ide tentang 14 komponen standar untuk melihat peranan pemimpin setelah melakukan transformasi ide dalam mengatur anggotanya. Kepemimpinan akan berjalan secara efektif jika terjadi hubungan personal yang seimbang antara pemimpin dan pengikutnya.

Bagian Ketiga: 

Secara rinci memaparkan tentang pemimpin dan pengikut, mulai dari kedudukan pemimpin sebagai model, sampai dengan pemimpin sebagai pelayan, yang dapat memberikan pelayanan prima untuk para pengikutnya.

Bagian Keempat:

Membicarakan tentang jiwa kepemimpinan, sebagai suatu hal yang mutlak yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Selain harus memiliki kemampuan secara intelektual, seorang pemimpin masa depan juga harus memiliki kemampuan tinggi dalam mengelola emosi, moral, dan semangat kepemimpinan.  Bagian ini juga membicarakan kepemimpinan dalam militer, sebagai pembanding terhadap kepemimpinan sipil, untuk memberikan pengetahuan yang lebih lengkap terhadap paradigma kepemimpinan secara utuh.

Kekhasan dari buku ini:

Buku ini mendorong pembaca untuk menciptakan paradigma baru dalam rangka menghadapi perubahan pada abad 21. Organisasi yang bertahan adalah organisasi yang selalu mampu menghadirkan paradigma baru disetiap masa sebagai sebuah upaya adaptasi terhadap gencarnya perubahan diberbagai bidang. Organisasi pendidikan merupakan organisasi yang selalu berubah dan berkembang, sehingga munculnya paradigma baru dalam rangka kemajuan pendidikan menjadi sebuah keniscayaan.

 

Rekomendasi:

Buku ini memberikan inspirasi komprehensif dalam memaparkan sebuah paradigma baru dalam kepemimpinan. Buku ini direkomendasikan untuk dibaca oleh kapala sekolah, pimpinan perguruan tinggi, kepala dinas dan eksekutif, serta manajer perusahaan/organisasi

Cecep Kustandi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s