PENGERTIAN PEMBELAJARAN

?????????

Oleh: Cecep Kustandi

cecepkustandi@yahoo.com

Definisi Pembelajaran

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Sebagai seorang guru, wajib untuk mengerti arti pembelajaran untuk mendukung proses belajar mengajar.

Berikut adalah definisi-definisi pembelajaran menurut para ahli:

  • Pembelajaran adalah sebagai pengaturan dan penciptaan kondisi –kondisi ekstern sedemikian rupa, sehingga menunjang proses belajar siswa dan tidak menghambatnya (winkel, 1991)
  • Menurut Gagne (1977) pembelajaran didefinisikan sebagai : instruction as a set of external events design to support the several proceses of learning, which are internal. Pembelajaran adalah seperangkat peristiwa-peristiwa eksternal yang dirancang untuk mendukung beberapa proses belajar yang sifatnya internal. Lebih lanjut Gagne (1985) mengemukakan suatu definisi pembelajaran yang lebih lengkap: instruction is intended to promote learning, external situation need to be arranged to activate, support and mantain the internal processing that constitutes each learning event. Pembelajarn dimaksudkan untuk menghasilkan belajar, situasi eksternal harus dirancang sedemikian rupa untuk mengaktifkan, mendukung dan mempertahankan proses internal yang terdapat dalam setiap belajar.
  • KNOWLES
    Pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan
  • SLAVIN
    Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman
  • WOOLFOLK
    Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku
  • CROW & CROW
    Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap
  • RAHIL MAHYUDDIN

Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek

  • ACHJAR CHALIL

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar

  • COREY
    Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus
  • A. KIMBLE

Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat latihan yang diperkukuh.

  • MUNIF CHATIB

Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi

Dari definisi-definisi pembelajaran yang telah tertulis diatas maka dapat dikatakan bahwa istilah “pembelajaran” lebih luas dari “pengajaran” maupun “belajar”. Pembelajaran merupakan usaha yang dilaksanakan secara sengaja, terarah dan terencana, dengan tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan, serta pelaksanaannya terkendali dengan maksud agar terjadi belajar pada diri seseorang.

Ciri-Ciri Pembelajaran

Dari pendapat yang telah dikemukakan sebelumnya, maka dalam pelaksanaannya pembelajaran mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Merupakan upaya sadar dan disengaja
  2. Pembelajaran harus membuat siswa belajar
  3. Tujuan harus ditetapkan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan
  4. Pelaksanannya terkendali , baik isinya, waktu, proses, maupun hasilnya.

Dari semua ciri-ciri yang telah disebutkan diatas, jelas bahwa pembelajaran merupakan upaya sadar dan disengaja yang dapat diartikan bahwa pembelajaran dilakukan secara sistematis dan ada tujuan yang ingin dicapai, tidak seperti belajar alamiah yang bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun dan dilakukan secara tidak sengaja.

Pembelajaran pun harus dapat membuat siswa belajar. Pendidik bukan hanya memberikan informasi atau pengetahuan maka tugasnya selesai tetapi didalam pembelajaran harus ada interaksi antara seorang pendidik dengan peserta didik yang dimaksudkan agar pendidik dapat memudahkan penyerapan informasi dan pengetahuan oleh peserta didik sehingga terdapat adanya belajar dan tercapai tujuan belajar yaitu perubahan perilaku.


 

DAFTAR PUSTAKA

121-ciri-ciri-belajar. (t.thn.). Dipetik september Jumat, 2012, dari pgri-lebak.org: http://www.pgri-lebak.org

CIRI-CIRI-PEMBELAJARAN. (t.thn.). Dipetik september Jumat, 2012, dari scribd web site: http://www.scribd.com

pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507.html. (2010). Dipetik september jumat, 2012, dari carapedia web site: www. carapedia.com

pengertian-dan-ciri-ciri-dalam.html. (2011, 10). Dipetik September Jumat, 2012, dari Kawandnews web site: http://www.kawandnews.com

Siregar, Eveline; Nara, Hartini. (2010). Teori Belajar dan pembelajaran. Jakarta: GHALIA INDONESIA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s