RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN II

Jenis media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran cukup beragam, mulai dari media yang sederhana seperti yang telah dibahas di atas sampai pada media yang cukup rumit dan canggih. Berikut ini dipaparkan pula ragam media pembelajaran lain selain media sederhana seberti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

  1. A. MEDIA AUDIO_________________________

Media Audio berkaitan dengan indera pendengaran. Pesan yang disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Terdapat beberapa jenis media yang dapat kita kelompokkan dalam media audio, antara lain: radio, alat perekam pita magnetik, piringan hitam, dan laboratorum bahasa.

Radio, sebagai suatu media radio memiliki kelebihan dibandingkan dengan media lain, yaitu:

harga relatif murah

sifatnya mudah dipindahkan

bisa mengatasi masalah waktu jika digunakan bersama-sama

dapat mengembangkan daya imajinasi anak

dapat merangsang partisipasi aktif

dapat memusatkan perhatian siswa

Kelemahan yang dimiliki media audio, antara lain:

sifat komunikasinya satu arah

biasanya siaran disentralisasikan sehingga guru tidak dapat mengontrol

penjadwalan pelajaran dan siaran serng menimbulkan masalah

Alat Perekam Pita Magnetic (tape recorder) adalah salah satu media pembelajaran yang tidak dapat diabaikan begitu saja untuk menyampaikan informasi, karena mudah menggunakannya. Ada dua macam rekaman dalam  alat perekam pita magnetik, yaiitu sistem full track recording, dan double track recording.

Kelebihan dari media ini adalah:

Memiliki fungsi ganda yang efektif untuk merekan, menampilkan rekam dan menghapusnya

Pita rekam dapat diputar berulang-ulang

Rekaman dapat dihapus secara otomatis

Pita rekam dapat digunakan sesuai jadwal yang ada

Program kaset memberikan efisiensii dalam pembelajaran bahasa

Kelemahan dari media pita rekam magnetik adalah:

daya jangkau terbatas,

dari segi biaya pengadaan bila untuk sasaran yang banyak menjadi lebih mahal.

Rekaman audio tape

Materi rekaman audio tape adalah cara ekonomis untuk menyiapkan isi pelajaran atau jenis informasi tertentu. Rekaman dapat disiapkan untuk sekelompok siswa, dan sekarang ini sudah lumrah rekaman dipersiapkan untuk penggunaan perorangan. Sudjana dan Rivai (1991:130) mengemukakan hubungan media audio dengan pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan aspek-aspek keterampilan mendengarkan. Keterampilan yang dapat dicapai dengan penggunaan media audio meliputi :

  1. Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian. Misalnya, siswa mengidentifikasi kejadian tertentu dari rekaman yang didengarnya
  2. Mengikuti pengarahan. Misalnya, sambil mendengarkan pernyataan atau kalimat singkat, siswa menandai salah satu pilihan pernyataan yang mengandung arti yang sama
  3. Melatih daya analisis. Misalnya, siswa menentukan urut-urutan kejadian atau suatu peristiwa, atau menentukan ungkapan mana yang menjadi sebab dan yang mana akibat dari pernyataan-pernyataan atau kalimat-kalimat rekaman yang didengarnya
  4. Menentukan arti dan konteks. Misalnya, siswa mendengarkan pernyataan yang belum lengkap sambil berusaha menyempurnakannya dengan memilih kata yang disiapkan. Kata-kata yang disiapkan itu berbunyi sangat mirip dan hanya dapat dibedakan apabila sudah dalam konteks kalimat
  5. Memilah-milah informasi atau gagasan yang relevan dan informasi yang tidak relevan. Misalnya, rekaman yang diperdengarkan mengandung dua sisi informasi yang berbeda dan siswa mengelompokkan informasi ke dalam dua kelompok itu
  6. Merangkum, mengemukakan kembali, atau mengingat kembali informasi. Misalnya, setelah mendengarkan rekaman suatu peristiwa atau ceritera, siswa diminta untuk mengungkapkan kembali dengan kalimat-kalimat mereka sendiri

Keuntungan

  1. Radio tape telah menjadi peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan kantongan (walkman). Karena harga yang cenderung terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, ketersediaannya dapat diandalkan
  2. Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada di beberapa tempat pada waktu yang bersamaan
  3. Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio
  4. Rekaman memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis guna membantu meningkatkan keterampilan mengucapkan, membaca, mengkaji atau berpidato
  5. Pengoperasian radio tape/tape recorder relatif mudah

Keterbatasan

  1. Dalam suatu rekaman, sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi. Jika pesan atau informasi itu berada di tengah-tengah pita, maka akan memakan waktu lama untuk menemukannya, apalagi jika radio tape tidak memiliki angka-angka penuntun putaran pitanya
  2. kecepatan merekam dan pengaturan trek yang bermacam-macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya

Laboratorium Bahasa, adalah alat untuk melatih siswa mendengar dan berbicara dalam bahasa asing dengan cara menyajikan materi pelajaran. Dalam laboratorium bahasa, setiap siswa duduk sendiri-sendiri di dalam kotak bilik akustik.

  1. B. MEDIA PROYEKSI DIAM____________________

Media proyeksi diam (still projected medium) memiliki persamaan dengan media grafisdalam hal menyajikan rangsangan-rangsangan visual. Beberapa jenis media proyeksi diam  antara lain:

Film Bingkai, adalah film transparan yang berukuran 35mm, sebagai suatu program film bingkai sangat bervariasi panjang pendeknya, tergantung pada tujuan yang ingin dicapai.

Kelebihan dari film bingkai, adalah:

materi yang sama dapat disebarkan ke seluruh siiswa secara bersamaan

perhatian anak dapat dipusarkan pada objek tertentu

fungsi berfikir penonton dirangsang dan dikembangkan secara bebas

film bingkai berada di bawah kontrol guru

penyimpanannya mudah

film bingkai dapat mengatasi keterbatasan ruang

film bingkai adalah media yang relatif sederhana

Kelemahan dari ifilm bingkai, adalah:

karena bersifat lepas, maka film bingkai lebih mudah hilang

hanya mampu menyajikan objek-objek secara diam

memerlukan ruangan yang gelap

Slide

Slide (film bingkai) adalah suatu film transparansi yang berukuran 35 mm dengan bingkai 2×2 inci. Bingkai tersebut terbuat dari karton atau plastik. Film bingkai diproyeksikan melalui slide proyektor. Program visual dapat dikombinasikan dengan suara yang dikenal dengan film bingkai suara. Program kombinasi film bingkai bersuara pada umunya berkisar antara 10 sampai 30 menit dengan jumlah gambar yang bervariasi dari 10 sampai 100 buah lebih. Beberapa keuntungan dan keterbatasan film bingkai dapat dilihat berikut ini.

Keuntungan

  1. Urutan gambar (film bingkai) dapat diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan
  2. Isi pelajaran yang sama terdapat dalam gambar-gambar film bingkai dapat disebarkan dan digunakan di berbagai tempat secara bersamaan
  3. Gambar pada film bingkai tertentu dapat ditayangkan lebih lama dan dengan demikian dapat menarik perhatian dan membangun persepsi siswa yang sama terhadap konsep atau pesan yang ingin disampaikan
  4. Film bingkai dapat ditayangkan pada ruangan masih terang. Jika tidak terdapat layar khusus, dinding pun dapat dijadikan tempat proyeksi gambar
  5. Film bingkai dapat menyajikan gambar dan grafik untuk berbagai bidang ilmu kepada kelompok atau perorangan dengan usia yang tiada terbatas
  6. Film bingkai dapat digunakan sendiri atau digabungkan dengan suara/rekaman. Baik film bingkai bersuara maupun yang tidak, dapat diubah.
  7. film bingkai dapat menyajikan perisriwa masa lalu atau peristiwa di tempat lain. Di samping itu, dengan film bingkai, obyek yang besar, berbahaya, atau terlalu kecil untuk dilihat dengan mata dapat ditayangkan dengan jelas

keterbatasan

  1. Gambar dan grafik visual yang disajikan tidak bergerak sehingga daya tariknya tidak sekuat dengan televisi atau film. Oleh karena itu, visualisasi obyek atau proses yang bergerak akan kurang efektif bila disajikan melalui media film bingkai
  2. Film bingkai terlepas-lepas, dan ini merupakan suatu titik keunggulan sekaligus kelemahannya, karena memerlukan perhatian untuk penyimpanannya agar film-film itu tidak hilang atau tercecer
  3. Meskipun biaya produksinya tidak terlalu mahal, film bingkai masih memerlukan biaya lebih besar daripada pembuatan media foto, gambar, grafik yang tidak diproyeksikan

Film Rangkai, film dalam media ini merupakan rangkai yang berurutan dan merupakan satu kesatuan. Film rangkai bisa dengan suara atau tanpa suara. Media ini digunakan untuk memperjelas isi materi.

Proyektor Transparansi (OHP)

Media transparansi, adalah media visual proyeksi, yang dibuat di atas bahan transparan, sebagai iperangkat lunak, bahan transparan yang berisi pesan-pesan memerlukan alat proyeksi yang dinamakan Over Head Projector (OHP).

Transparansi yang diproyeksikan adalah visual baik berupa huruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada lambaran bahan tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar atau dinding melalui sebuah proyektor. Kemampuan proyektor memperbesar gambar membuat media ini berguna untuk menyajikan informasi pada kelmpok yang besar dan pada semua jenjang. OHP dirancang untuk dapat digunakan di depan kelas sehingga guru selalu berhadapan atau menatap siswanya. Penataan letak layar dan proyeksi bayangan sering menimbulkan layar yang berbentuk trapesium (keystone) yang sering mengganggu penampilan tayangan dan pandangan siswa. Akan tetapi hal itu dapat diatasi dengan memiringkan layar.

Kelebihan OHP

  1. Pantulan proyeksi gambar dapat terlihat jelas pada ruangan yang terang sehingga guru dan murid tetap dapat saling melihat
  2. Dapat menjangkau kelompok yang besar
  3. Guru selalu dapat bertatap muka dengan siswa karena OHP dapat diletakkan di depan kelas, dan dengan demikian ia selalu dapat mengendalikan kelasnya
  4. Transparansi dapat dengan mudah dibuat sendiri oleh guru, baik yang dibuat secara manual maupun yang melalui proses cetak, salin, dan kimia
  5. Peralatannya mudah dioperasikan dan tidak memerlukan perawatan khusus
  6. Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna
  7. Dapat disimpan dan digunakan berulang kali
  8. Dapat dijadikan pedoman dan penuntun bagi guru dalam penyajian materi

Keterbatasan

  1. Fasilitas OHP harus tersedia
  2. Listrik pada ruang/lokasi penyajian harus tersedia
  3. Tanpa layar yang dapat dimiringkan, sulit untuk mengatasi distorsi tayangan yang berbentuk trapesium (keystoning)
  4. Harus memiliki teknik khusus untuk pengaturan urutan baik dalam hal penyajian maupun penyimpanan

Proyektor Tak Tembus Pandang (Opaque Projector), dinamakan demikian karena bahan yang disajikannya bukan bahan yang tembus pandang, tapi benda-benda datar, serta warna dan anyaman dapat diproyeksikan. Kelebihan dari media ini adalah bisa langsung memproyeksikan pesan yang ada di buku, koran, majalah, foto, dan bahan cetak lainnya. Kelemahan dari media ini, harus digunakan pada ruangan yang gelap.

Mikrofis adalah lembaran film transparan yang terdiri dari lambang-lambang visual yang diperkecil sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibaca dengan mata telanjang.

  1. C. FILM DAN VIDEO___________________________

Film atau gambar merupakan gambar-gambar dalam frame di mana frame demi frame diproyeksikan melalui lensa proyektor secara mekanis sehingga pada layar terlihat gambar itu hidup. Film bergerak dengan cepat dan bergantian sehingga memberikan visual yang kontinyu. Sama halnya dengan film, video dapat menggambarkan suatu obyek yang bergerak bersama-sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Film dan video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep-konsep yang rumit, mengajarkan keterampilan, menyingkat atau memperpanjang waktu, dan mempengaruhi sikap.

Keuntungan Film dan Video

  1. Film dan video dapat melengkapi pengalaman-pengalaman dasar dari siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktek, dan lain-lain. Film merupakan pengganti alam sekitar dan bahkan dapat menunjukkan obyek yang secara normal tidak dapat dilihat, seperti cara kerja jantung ketika berdenyut
  2. Film dan video dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang jika diperlukan. Misalnya, langkah-langkah dan cara yang benar dalam berwudhu
  3. Di samping mendorong dan meningkatkan motivasi, film dan video menanamkan sikap dan segi-segi afektif lainnya. Misalnya, film kesehatan yang menyajikan proses berjangkitnya penyakit diare atau eltor dapat membuat siswa sadar terhadap pentingnya keberhasilan makanan dan lingkungan
  4. Film dan video yang mengandung nilai-nilai positif dapat mengundang pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa. Bahkan, film dan video, seperti slogan yang sering didengar, dapat membawa dunia ke dalam kelas
  5. film dan video dapat menyajikan peristiwa kepada kelompok besar atau kelompok kecil, kelompok yang heterogen, maupun perorangan
  6. Dengan kemampuan dna teknik pengambilan gambar frame demi frame, film yang dalam kecepatan normal memakan waktu satu minggu dapat ditampilkan dalam satu atau dua menit. Misalnya, bagaimana kejadian mekarnya kembang mulai dari lahirnya kuncup bunga hingga kuncup itu mekar

Keterbatasan

  1. Pengadaan film dan video umumnya memerlukan biaya mahal dan waktu yang banyak
  2. pada saat film dipertunjukkan, gambar-gambar bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti informasi yang ingin disampaikan melalui film tersebut
  3. Film dan video yang tersedia tidak selalu sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan kecuali film dan video itu dirancang dan diproduksi khusus untuk kebutuhan sendiri

Film, merupakan media yang amat besar kemampuannya dalam membantu proses belajar mengajar.

Film Gelang, adalah jenis media yang terdiri darii film berukuran 8mm yang ujungnya saling bersambungan, sehingga film ini akan terus menerus mengulang jika tidak dihentikan.

Televisi

Televisi adalah sustem elektronik yang mengirimkan gambar diam dan gambar hidup bersama suara melalui kabel atau ruang. Sistem ini menggunakan peralatan yang mengubah cahaya dan suara ke dalam gelombang elektrik dan mengkonversinya kembali ke dalam cahaya yang dapat dilihat dan suara yang dapat didengar.

Televisi pendidikan adalah penggunaan program video yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu tanpa melihat siapa yang menyiarkannya. Televisi pendidikan tidak sekedar menghibur tertapi lebih pentng adalah mendidik. Oleh karena itu ia memiliki ciri-ciri tersendiri, antara lain, yaitu : (1) dituntun oleh instruktur – seorang guru atau instruktur menuntun siswa melalui pengalaman-pengalaman visual, (2) sistematis – siaran berkaitan dengan mata pelajaran dan silabus dengan tujuan dan pengalaman belajar yang terencana, (3) teratur dan berurutan – siaran disajikan dengan selang waktu yang berurutan di mana siaran dibangun atau mendasari siaran lainnya, (4) terpadu – siaran berkaitan dengan pengalaman belajar lainnya seperti latihan, membaca, diskusi, laboratorium, percobaan, menulis dan pemecahan masalah.

Meskipun televisi memiliki berbagai kelebihan dalam menyampaikan pesan dan materi pelajaran, televisi juga mempunyai kelemahan seperti berikut ini.

Keuntungan

  1. Televisi dapat memancarkan berbagai jenis bahan audio-visual termasuk gambar diam, film, obyek, spesimen, dan drama
  2. Televisi bisa menyajikan model dan contoh-contoh yang baik bagi siswa
  3. Televisi dapat membawa dunia nyata ke rumah danke kelas-kelas, seperti orang, tempat-tempat, dan peristiwa-peristiwa, melalui penyiaran langsung atau rekaman
  4. Televisi dapat memberikan kepada siswa peluang untuk melihat dan mendengar diri sendiri
  5. Televisi dapat menyajikan program-program yang dapat dipahami oleh siswa dengan usia dan tingkat pendidikan yang berbeda-beda
  6. Televisi dapat menyajikan visual dan suara yang amat sulit diperoleh pada dunia nyata, misalnya ekspresi wajah, dental operation, dan lain-lain
  7. Televisi dapat menghemat waktu guru dan siswa misalnya dengan merekam siaran pelajaran yang disajikan dapat diputar ulang jika diperlukan tanpa harus melakukan proses itu kembali. Di samping itu televisi merupakan cara yang ekonomis untuk menjangkau sejumlah besar siswa pada lokasi yang berbeda-beda untuk penyajian yang bersamaan

Kelemahan

  1. Televisi hanya mampu menyajikan komunikasi searah
  2. Televisi pada saat disiarkan akan berjalan terus dan tidak ada kesempatan untuk memahami pesan-pesannya sesuai dengan kemampuan individual siswa
  3. Guru tidak memiliki kesempatan untuk merevisi film sebelum disiarkan
  4. Layar pesawat televisi tidak mampu menjangkau kelas besar sehingga sulit bagi semua siswa untuk melihat secara rinci gambar yang disiarkan
  5. Kekhawatiran muncul bahwa siswa tidak memiliki hubungan pribadi dengan guru, dan siswa bisa jadi bersikap pasif selama penayangan
  1. D. KOMPUTER_____________________________

Komputer adalah mesin yang dirancang khusus untuk memanipulsi informasi yang diberi kode, mesin elektronik yang otomatis melakukan pekerjaan dan perhitungan sederhana dan rumit. Satu unit komputer terdiri atas empat komponen dasar, yaitu input (misalnya keyboard dan writing pad), prosesor (CPU, unit pemroses data yang diinput), penyimpanan data (memori yang menyimpan data yang akan diproses oleh CPU baik secara permanen (ROM) maupun untuk sementara (RAM), dan output (misalnya layar monitor, printer atau plotter).

Pemanfaatan komputer untuk pendidikan yang dikenal sering dinamakan pembelajaran dengan bantuan komputer (CAI) dikembangkan dalam beberapa format, antara lain drills and practice, tutorial, simulasi, permainan, dan discovery. Komputer telah pula digunakan untuk mengadministrasikan tes dan pengelolaan administrasi sekolah.

Berikut ini dikemukakan beberapa kekuatan dan keterbatasan komputer yang digunakan untuk tujuan-tujuan pendidikan.

Keuntungan :

  1. Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran, karena ia dapat memberikan iklim yang lebih afektif dengan cara yang lebih individual, tidak pernah lupa, tidak pernah bosan, sangat sabar dalam menjalankan instruksi seperti yang diinginkan program yang digunakan
  2. Komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan, melakukan kegiatan laboratorium atau simulasi karena tersedianya animasi grafik, warna, dan musik yang dapat menambah realisme
  3. Kendali berada di tangan siswa sehingga tingkat kecepatan belajar siswa dapat disesuaikan dengan tingkat penguasaannya
  4. Kemampuan merekam aktivitas siswa selama menggunakan suatu program pembelajaran memberi kesempatan lebih baik untuk pembelajaran secara perorangan dan perkembangan setiap siswa selalu dapat dipantau
  5. Dapat berhubungan dengan, dan mengendalikan, peralatan lain seperti compact disc, video tape, dan lain-lain dengan program pengendali dari komputer

Kelemahan

  1. Meskipun harga perangkat keras komputer cenderung semakin menurun (murah), pengembangan perangkat lunaknya masih relatif mahal
  2. Untuk menggunakan komputer diperlukan pengatahuan dan keterampilan khusus tentang komputer
  3. Keragaman model komputer (perangkat keras) sering menyebabkan program (software) yang tersedia untuk satu model tidak cocok (kompatibel) dengan model yang lainnya
  4. Program yang tersedia saat ini belum memperhitungkan kreativitas siswa, sehingga hakl tersebut tentu tidak akan dapat mengembankan kreativitas siswa
  5. Komputer hanya efektif bila digunakan oleh satu orang atau beberapa orang dalam kelompok kecil. Untuk kelompok yang besar diperlukan tambahan perlatan lain yang mampu memproyeksikan pesan-pesan di monitor ke layar lebih lebar
  1. E. MULTIMEDIA_____________________

Saat ini yang menjadi trend dalam dunia pendidikan sehubungan dengan pemanfaatan media, adalah dengan menggunakan berbagai media (multimedia), disebut multimedia karena dalam media ini merupakan kombinasi dari berbagai media yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu menggunakan audio, video, grafis, dll. Sekarang  ini multi media di arahkan kepada komputer yang dalam perkembangannya sangat pesat, dan membantu dalam dunia pendidikan. Apalagi saat ini media komputer sangat booming dengan adanya teknologi informasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran, internet yang merajalela memberikan pengaruh yang positif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan adanya program e-learning, e-education, dan lai-lain.

Kelebihan dari multimedia ini adalah memberikan kemudahan kepada siswa untuk belajar secara individual maupun secara kelompok, selain memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi, media komputer juga memberikan rangsangan yang cukup besar, meningkatkan motivasi belajar siswa, dan juga memberikan.

Kelemahan dari media ini adalah harganya yang relatif mahal, sehingga belum terjangkaunya seluruh sekolah untuk menyediakannya, selain memberikan pengaruh yang positif, komputer dalam hal ini internet memberikan dampak negatif terhadap siswa, karena kurang kontrolnya guru memberikan kemungkinan-kemungkinan bagi siswa untuk membuka situs-situs yang tidak mendidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s